Cara Jitu Mengatasi Laptop dan PC yang Tidak Bisa Masuk BIOS

Cara Jitu Mengatasi Laptop dan PC yang Tidak Bisa Masuk BIOS

Cara Jitu Mengatasi Laptop dan PC yang Tidak Bisa Masuk BIOS – Saat kita menggunakan laptop atau komputer, terkadang muncul masalah atau gangguan yang bermacam jenis nya dan terkadang sulit untuk diatasi. Banyak masalah yang dapat dialami oleh sebuah laptop atau komputer. Salah satu contoh masalah yang kali ini akan kita bahas adalah komputer atau laptop tidak dapat masuk BIOS atau biasa disebut dengan gagal booting. BIOS adalah sebuah software yang bawaan dari CPU komputer atau Laptop yang ada sebelum kita menginstall sistem operasi seperti windows ataupun linux. Jika sebuah laptop atau komputer tidak dapat mengakses BIOS, maka secara otomatis juga tidak bisa mengakses windows dan biasanya akan muncul tampilan warna biru dengan tulisan. Tampilan biru dengan pesan error tersebut biasa disebut dengan Blue Screen dan saat muncul akan otomatis melakukan booting kembali atau bahkan mati.

Berikut Adalah Sedikit Ulasan Mengenai Penyebab dan cara Mengatasi Laptop atau Komputer Tidak Dapat Masuk BIOS

Penyebab Laptop atau Komputer Tidak Dapat Masuk BIOS

Cara Jitu Mengatasi Laptop dan PC yang Tidak Bisa Masuk BIOS

Banyak faktor yang dapat menyebabkan sebuah komputer atau laptop kita tidak dapat mengakses BIOS dan berakibat munculnya blue screen. Namun kamu jangan khawatir, terlepas dari banyaknya faktor yang menyebabkan komputer tidak dapat masuk BIOS, saya akan memberi beberapa cara ampuh yang dapat kamu terapkan untuk mengatasi hal tersebut. Mungkin dengan cara ini masalah tadi dapat diatasi dan laptop atau komputer kamu dapat mengakses BIOS seperti sedia kala.

1. Masalah yang Timbul Pada BIOS

Faktor yang sering dijumpai jika laptop atau komputer kamu tidak dapat mengakses BIOS adalah adanya masalah pada sistem BIOS. Masalah inilah yang menyebabkan laptop kamu tidak dapat mengakses BIOS dengan normal sehingga laptop tidak dapat masuk ke windows.

2. Software yang Tidak Kompatibel

Software yang terinstall di PC atau laptop kamu juga dapat mempengaruhi sistem BIOS laptop atau PC kamu. Software yang tidak kompatibel atau tidak sesuai dengan laptop atau PC dapat menyebabkan BIOS menjadi terganggu dan berakibat gagal booting. Bisa juga dikarenakan software yang terinstall tidak berjalan dengan baik ataupun error.

3. Harddisk yang Tidak Terdeteksi

Selain masalah software tadi, hardware atau perangkat keras yang tidak terdeteksi PC juga dapat menyebabkan BIOS bermasalah. Seperti harddisk contohnya, Harddisk merupakan media penyimpanan yang berperan penting dalam suatu sistem pengoprasian komputer. Jika harddisk yang terpasang di komputer tidak terdeteksi sistem, maka komputer tidak dapat masuk ke BIOS dan jika dihidupkan akan muncul notifikasi error “Disk Boot Failure”.

4. Masalah yang Terjadi Pada Memory dan VGA

Selain HDD atau Harddisk, masalah pada bios juga dapat disebabkan karena Memory dan VGA. Memory dan VGA yang bermasalah dapat menyebabkan komputer atau Laptop tidak dapat masuk BIOS dan akan menimbulkan bunyi “Beep” berulang-ulang saat dinyalakan. Jika masalah yang terdapat di VGA ,maka saat komputer atau laptop dihidupkan layar tidak menampilkan gambar.

5. Penggunaan Komputer atau Laptop yang Berlebihan

Penggunaan Laptop atau Komputer secara berlebihan dapat menyebabkan panas yang berlebih atau biasa disebut overheat. Panas pada komputer atau laptop yang berlebih dapat menyebabkan kinerja sistem menjadi lambat dan jika hal tersebut dibiarkan secara terus menerus, dapat mengakibatkan komputer atau laptop menjadi hang dan terkadang menjadi gagal booting saat dihidupkan.

6. HDD atau Sistem Windows yang Mengalami Corrupt

Gagal masuk BIOS juga dapat disebabkan karena adanya data windows yang hilang dan juga harddisk yang corrupt. Harddisk yang corrupt dapat mengganggu kinerja sistem dan juga dapat berakibat pada BIOS sehingga terjadi gagal booting.

7. Sistem Laptop atau Komputer yang Terjangkit Virus

Satu lagi penyebab laptop atau komputer gagal masuk BIOS adalah adanya virus. Virus yang menjangkit Laptop atau Komputer dapat menyebabkan kinerja sistem menjadi terganggu dan dapat menyebabkan BIOS bermasalah hingga munculnya blue screen.

Baca Tips Lain : 10 Tips Ini Dapat Membantu Kamu Menghemat Baterai Smartphone

Cara mengatasi Laptop atau Komputer PC Tidak Dapat Masuk BIOS

Cara Jitu Mengatasi Laptop dan PC yang Tidak Bisa Masuk BIOS

1. Menggunakan Cara Manual atau Sederhana

Untuk langkah pertama, kamu dapat menggunakan cara manual untuk memperbaiki laptop atau komputer yang tidak dapat masuk ke BIOS. Cara ini dapat kamu lakukan agar dapat mengembalikan fungsi BIOS secara normal dan masalah dapat teratasi.

2. mengatasi Gagal Booting Karena Masalah Harddisk

Harddisk yang tidak terbaca di sistem dapat menyebabkan komputer tidak dapat menjalankan BIOS dengan baik sehingga terjadi gagal booting, kamu dapat menggunakan langkah-langkah dibawah ini untuk mengatasi hal tersebut :

  • Pastikan Kabel Harddisk (SATA atau IDE) yang ada di CPU sudah terpasang dengan baik.
  • Pastikan Pengaturan antar Mastern dan Slaver dibagian Jumper tidak tertukar saat dipasang
  • Pastikan HDD sudah terdeteksi dengan baik oleh BIOS
  • Pastikan harddisk bekerja dengan baik dan tidak mengalami corrupt. Kamu dapat mengecek apakah harddisk bekerja dengan normal dengan cara memegang harddisk. JIka normal, maka akan terasa getaran pada harddisk tersebut.

3. Mengatasi Gagal Booting Karena Software yang Bermasalah

  • Booting dengan masuk ke Safe Mode, caranya saat laptop atau komputer dihidupkan, tekan F2 pada keyboard
  • Periksa software yang menurut kamu error dan menjadi penyebab gagalnya booting pada laptop atau komputer kamu.
  • Jika software sudah ditemukan, selanjutnya uninstall software tersebut
  • Setelah software tersebut sudah terhapus, kamu bisa restart laptop atau komputer kamu.

4. Mengatasi BIOS bermasalah karena Memory dan VGA

  • Buka tutup cpu komputer, lalu lepaskan VGA dan memory dari CPU
  • Bersihkan memori dan VGA kamu menggunakan kain yang lembut dengan cara berhati hati agar tidak merusak komponen tersebut.
  • Setelah dibersihkan, pasang kembali VGA dan memori ke slot yang ada di CPU
  • Jika cara tersebut tidak berhasil, kamu dapat memindahkan memori kedalam slot memori yang lainnya.

5. Cara Memperbaiki BIOS Bermasalah Karena CPU yang Overheat

  • Buka tutup CPU, lalu cek kondisi Fan Processor serta Heatsink yang terpasang pada CPU, apakah berfungsi dengan baik atau tidak.
  • Jika Fan yang terpasang masih berfungsi dengan baik, itu berarti sistem srkulasi udara dan pendinginan CPU masih berjalan dengan baik.
  • Jika Fan atau kipas tidak berputar, kamu dapat membersihkan fan tersebut karena bisa saja terhambat oleh debu-debu yang tersangkut didalam fan tersebut.

6. Cara Mengatasi BIOS error karena File Data yang Korup

  • Buka CPU komputer dan Periksa kondisi harddisk yang terpasang pada CPU.
  • Setelah diperiksa, coba booting kembali ke BIOS
  • Setelah itu, ganti opsi firstboot dari harddisk ke DVD-ROM atau Flashdisk.
  • Lalu restart komputer kamu
  • Jika langkah-langkah diatas sudah kamu lakukan dengan benar, maka selanjutnya akan muncul perintah “press any key to boot ..” dan tekan tombol apapun untuk melanjutkan prosesnya
  • Setelah itu, pilih opsi “repair your komputer”
  • Setelah diklik, maka kamu bisa menunggu proses perbaikan tersebut hingga selesai.
  • Jika cara tadi tidak berhasil, kamu dapat melakukan cara lain yaitu dengan menginstall ulang Sistem Operasi di Laptop atau Komputer kamu.

7. Cara Perbaiki BIOS yang Bermasalah karena Virus

  • Booting windows dengan masuk ke opsi safe mode
  • Jalankan Software antivirus kamu, jika tidak ada cukup gunakan windows defender
  • Scan komputer atau laptop kamu, tunggu hingga proses scan selesai
  • Jika sudah scan menggunakan antivirus dan kamu masih menemukan program malware lain, uninstall saja program tersebut agar tidak mengganggu sistem.
  • Setelah selesai, Restart laptop atau komputer kamu dan masuk ke windows biasanya

Mungkin cukup sampai disini tips dari saya mengenai Cara Jitu Mengatasi Laptop dan PC yang Tidak Bisa Masuk BIOS. Kamu bisa terapkan cara diatas agar BIOS laptop atau komputer kamu dapat berjalan dengan normal kembali. Jika masih belum paham atau ada yang ingin kamu tanyakan, kamu dapat berkomentar di kolom komentar dibawah. Jangan lupa share artikel ini jika kamu rasa tips saya tadi bermanfaat bagi yang lainnya. Terima kasih.