Cara Mudah Mengatasi Black Screen Pada PC atau Laptop Windows

laptop blue screen

Cara Mengatasi Black Screen Laptop PC – Kamu mungkin pernah tahu atau pernah mendengar dengan istilah laptop black screen. Atau mungkin kamu lebih tahu dengan sebutan laptop blue screen?. Kedua istilah tersebut memang memiliki arti yang berbeda, namun laptop black screen dan blue screen sama-sama menjadi masalah yang sering terjadi pada laptop atau PC. Blue Screen merupakan keadaan dimana layar laptop atau komputer menjadi biru secara tiba-tiba dan memunculkan banyak pesan error. Biasanya Blue Screen disebabkan oleh masalah pada software atau bisa juga karena serangan virus.

Lalu, apa itu laptop black screen? Seperti namanya, black screen merupakan keadaan dimana layar laptop atau PC berubah menjadi hitam dan tidak menampilkan apa-apa. Black Screen berbeda dengan blue screen, jika blue screen terjadi ketika laptop digunakan, maka black screen terjadi saat laptop atau PC dinyalakan. Saat laptop atau Komputer dinyalakan, layar tidak menampilkan apa-apa dan hanya cursor yang terlihat. Untuk kamu yang baru mengetahuinya, tidak perlu khawatir, cukup wajar jika laptop atau komputer terjadi black screen sekali atau dua kali.

Laptop Black Screen terjadi karena faktor masalah atau gangguan yang terjadi pada software atau hardware laptop. Untuk kamu yang sudah mahir, mungkin rasanya tidak susah mencari penyebab black screen pada laptop. Dan untuk kamu yang belum tahu, berikut sudah saya siapkan beberapa cara yang dapat kamu terapkan untuk mengatasi laptop Black Screen.

Cara Mudah Mengatasi Laptop Atau PC Black Screen

1. Restart Laptop Atau Komputer kamu

Saat Laptop atau komputer kamu bermasalah, kamu jangan buru-buru panik dan bingung. Kamu perlu berfikir dengan jernih untuk menemukan solusinya. Black Screen pada Layar laptop biasanya tidak selalu menandakan kerusakan yang parah. Black Screen dapat terjadi karena saat laptop menyala ada program system yang tidak berjalan dengan baik sehingga proses booting menjadi tidak lancar. Kamu dapat merestart Laptop atau PC agar dapat kembali normal.

2. Masuk Ke Mode Aman (Safe Mode)

Jika kamu telah mencoba cara diatas namun belum berhasil, jangan berkecil hati. Sebelumnya sudah dijelaskan bahwa masalah yang timbul bisa terjadi karena software atau hardware yang bermasalah. Untuk cara ini, kamu dapat mengecek software yang terinstall di laptop atau PC kamu. Software yang error atau bermasalah dapat menyebabkan laptop menjadi black screen. Kadang bagi orang yang belum mengerti, mereka akan sembarangan menginstall software atau aplikasi tanpa pikir panjang. Tentunya hal tersebut dapat berdampak buruk bagi laptop jika dibiarkan.

Tidak semua aplikasi atau software aman untuk diinstall di laptop. Jika kamu menginstall software yang tidak cocok dengan hardware laptop atau PC, maka dapat berakibat black screen. Kamu dapat masuk ke mode aman (safe mode) windows untuk mengecek software yang bermasalah. Jika sudah ketemu, uninstall program tersebut agar laptop atau PC kamu dapat kembali normal.

3. Cek Hardware dan Ganti Jika Ada yang Rusak

Setelah tadi mengecek software yang terinstall, langkah selanjutnya kamu dapat mengecek hardware laptop atau PC kamu. Jika kamu sudah melakukan cara diatas namun masih belum juga berhasil, mungkin kamu harus mengecek hardware laptop atau PC kamu. Jika laptop masih black screen, kemungkinan terjadi masalah pada hardware yang ada didalam laptop atau PC. Kamu dapat melakukan pengecekan seperti pada bagian VGA, RAM, dll yang berperan penting. Jika kamu belum mengerti cara mengeceknya, kamu dapat membawa laptop atau PC kamu ke jasa service untuk diperiksa.

Itulah beberapa Cara Mudah Mengatasi Black Screen pada Laptop atau PC windows. Semoga bermanfaat bagi kamu yang bingung mengatasi laptop black screen. Jika ada yang ingin ditanyakan, silahkan saja berkomentar dibawah, nanti akan saya balas. Terima Kasih.