Cara Mudah Mengatasi Laptop atau PC Tidak Mengeluarkan Suara

laptop tidak bersuara

Cara Mudah Mengatasi Laptop PC Tidak Bersuara – Laptop atau dalam bahasa indonesia disebut komputer jinjing adalah perangkat yang memiliki fungsi sama seperti komputer. Namun, laptop memiliki kelebihan yaitu lebih praktis karena bentuknya yang lebih tipis dan dapat dibawa kemana-mana. Penggunaan laptop sudah menjadi bagian dari kehidupan manusia.

Banyak aktivitas seperti pekerjaan kantor, pendidikan, ataupun hiburan, sudah dapat didukung dengan menggunakan laptop. Namun seringkali saat menggunakan laptop, laptop mengalami gangguan seperti lemot, not responding, atau tidak keluar suara. Untuk kamu yang hobi nonton film atau mendengarkan musik di laptop, mungkin akan kesal jika laptop kamu tiba-tiba tidak mengeluarkan suara. Untuk itu, kamu perlu tahu cara mengatasi hal tersebut. Agar nantinya saat kamu menonton film dan laptop tidak keluar suara, kamu tidak perlu panik karena dapat mengatasinya. Berikut ini sudah saya rangkum beberapa tips yang dapat membantu kamu untuk mengatasi masalah laptop yang tidak mengeluarkan suara.

Cara Mudah Perbaiki Laptop yang Tidak Mengeluarkan Suara

Install Driver Card untuk Suara

Menginstall driver yang tidak sesuai dengan spesifikasi laptop bisa jadi penyebab kenapa laptop kamu tidak muncul suaranya. Sound card yang tidak sesuai spesifikasi tidak dapat menangkap suara yang dihasilkan software karena tidak kompatibel. Untuk mengatasinya, kamu dapat mendownload driver card untuk suara yang cocok dengan spesifikasi laptop kamu. Namun jangan lupa, install driver yang cocok dengan bit laptop kamu.

Memperbaiki atau Mengganti Sound card Laptop

Sound Card merupakan komponen yang berperan dalam segi produktivitas suara pada laptop. Komponen ini memiliki fungsi mengonversi inputan digital menjadi sebuah output yang berupa suara lewat perantara speaker. Saat sound card mengalami gangguan atau rusak, maka suara yang harusnya dapat dihasilkan speaker menjadi hilang. Selain dari segi driver, laptop yang tidak mengeluarkan suara juga dapat disebabkan oleh sound card yang terganggu atau sudah rusak.

Mengganti atau Memperbaiki Speaker Laptop

Seperti yang dijelaskan tadi, speaker adalah komponen yang beperan dalam pemrosesan output dari sound card. Setelah data dikonversi menjadi suara, maka hasil suara tadi akan dikeluarkan oleh speaker laptop. Jika laptop tidak keluar suara, kamu dapat mengecek apakah ada kerusakan di speaker, jika iya, kamu dapat membawa ke tempat servis untuk diganti atau diperbaiki.

Memasang Codec Pada Laptop

Jika kamu suka menggunakan laptop untuk menonton film atau hanya sekedar mendengarkan musik, maka kamu harus menginstall Codec. Codec merupakan sejenis driver yang dikhususkan untuk software atau aplikasi pemutar musik / video. Aplikasi tersebut memerlukan codec agar dapat membaca data suara yang terdapat di file audio atau video yang kamu miliki. Meskipun kamu telah menginstall driver card yang sesuai untuk suara di laptop, namun kamu belum menginstall codec, maka suara dari file audio ataupun video yang kamu miliki tidak dapat terbaca oleh aplikasi pemutar audio / video.

Untuk itu, kamu dapat menginstall aplikasi Codec seperti contohnya K-Lite Codec Pack, atau dapat menggunakan aplikasi lain. Sehingga Laptop kamu dapat membaca suara dari file musik atau film yang kamu miliki.

Itulah beberapa cara Mudah Memperbaiki Laptop yang Tidak Mengeluarkan Suara. Semoga dapat membantu kamu yang kesulitan mengatasi laptop yang tidak keluar suara. Jika ada yang ingin kamu tanyakan, kamu dapat berkomentar dibawah.