Cara merawat komputer agar tidak terkena virus

Cara merawat komputer agar tidak terkena virus

Untuk pencegahan terjangkitnya virus pada komputer dan laptop anda, sebaiknya anda pasang antivirus dan menscan drive C seminggu atau 2 minggu sekali jika komputer anda sering colok – colok flashdrive. dan jangan lupa untuk melakukan scanning terlebih dahulu flashdrive yang baru anda colok kan untuk mencegah terangkitnya virus pada komputer dan laptop anda.

setelah anda memasang antivirus pada komputer atau laptop, sekarang adalah membenahi atau menghapus software yang tidak terpakai, kenapa harus di hapus ? karena jika tidak di hapus itu akan membuat komputer anda menjadi lambat karena memberatkan ram dan processor dan ketika beban dari ram dan processor menjadi banyak oleh aplikasi aplikasi yang tidak terpakai maka komponen komputer akan menjadi panas dan anda tau sendiri kelemahan barang elektronik adalah panas jika panas ya umur dari komputer dan laptop tidak akan panjang :)

anda cek terlebih dahulu aplikasi yang tidak terpakai dan anda uninstall, setelah itu bekas dari aplikasi yang di uninstall tadi anda bersihkan dengan software gratis ccleaner, supaya aplikasi yang telah di uninstall akan terhapus secara bersih, jika anda membutuhkan aplikasi cc cleaner. Ccleaner juga membantu anda untuk membersihkan file history dari web browser anda seperti firefox dan google chrome, supaya tidak membebani hardisk anda.

dan ketika anda sudah memasang antivirus dan menghapus software yang tidak penting pada komputer anda langkah selanjutnya adalah melakukan defrag pada hardisk drive C untuk merapihkan file system sistem operasi yang hilang akibat uninstall dari software. karena jika banyak file yang acak pada drive C utamanya adalah drive tempat penyimpanan sistem operasi maka anda akan merasakan berat pada saat pemakaian komputer anda.

langkah melakukan defrag sangatlah mudah anda tinggal klik kanan pada drive C atau drive lainya lalu pilih properties > tool >defragment lalu anda pilih drive C misalnya dan klik defrag. tunggu sampai selesai.

Leave a Reply

Your email address will not be published.