Cara Mudah Merawat Laptop Gaming yang Harus Kamu Tahu

Cara Mudah Merawat Laptop Gaming ~ Saat ini mencari laptop gaming tampaknya seperti mencari smartphone. Pasalnya banyak sekali gamer yang beralih ke laptop untuk bermain game. Hal itu yang membuat banyak vendor selalu mengeluarkan laptop gaming terbaiknya. Namun tidak banyak gamer yang mengetahui bagaimana cara merawat laptop gaming.

Hal itu membuat banyak sekali gamer yang mengeluhkan akan laptop miliknya. Entah hang atau lag, ataupun rusak pada bagian komponennya, seperti keyboard, mouspad, harddisk, bahkan baterai yang cepat sekali habis. Memang, yang namanya perangkat elektronik tentunya akan memiliki masalah jika di pakai terus terusan. Tapi padahal hal tersebut sebenarnya dapat di cegah.

Nah untuk mencegahnya akan kami berikan tips atau cara merawat laptop gaming agar awert bertahun-tahun walau dipakai jor-joran. Penasaran bukan? simak tipsnya berikut ini.

Cara Merawat Laptop Gaming Agar Awet Bertahun-tahun

1. Memakai Sistem Pendinginan yang Baik

Laptop gaming umumnya memiliki harga paling murah di kisaran Rp 10 jutaan. Sedangkan untuk harga kisaran Rp 5 jutaan, itu adalah laptop multimedia. Disini kebanyakan orang salah, menganggap laptop multimedia Rp 5 jutaan adalah laptop gaming. Padahal Laptop multimedia umumnya tidak dibekali dengan sistem pendinginan yang mumpuni. Alasannya, karena memang penggunaannya tidak ditujukan untuk seekstrim gaming.jadi tak heran jika banyak pengguna mengeluhkan cepat panas ataupun menurunya performa.

2. Memakainya dengan Baik dan Benar

Yang terakhir yaitu dipakai dengan baik yang benar. Contohnya tidak memakai laptop di atas kasur karena menutup lubang ventilasi, atau tidak terlalu banyak memindah-mindah laptop yang memakai hard disk karena bisa berdampak platter tergores, jangan keseringan memindahkan laptop dalam keadaan menyala, dan masih banyak lagi

3. Lakukan Perawatan Setidaknya 1 Tahun Sekali

Sebetulnya yang namanya barang elektronik itu membutuhkan perawatan atau maintenance. Laptop sendiri setidaknya setahun sekali, perlu dilakukan pembersihan debu, pelapisan ulang pasta prosesor dan VGA, serta pengecekan software. Sayangnya masih banyak pengguna yang kurang memperhatikan hal ini.

4. Memiliki Port Thunderbolt 3

VGa merupakan Komponen penting didalam laptop gaming. Tapi biasanya VGA laptop tidak bisa diupgrade, sehingga dalam waktu setahun dua tahun sudah ketinggalan zaman. Namun dengan memiliki port Thunderbolt 3, anda bisa pakai yang namanya eksternal VGA. Anda bisa upgrade VGA laptop dengan memakai VGA desktop. Yang tentu akan membatu kinerja VGA Bawaan Atau VGA Eksternal

Nah itulah tadi cara merawat laptop gaming agar awet tahan lama yang bisa kami berikan. Jika anda memiliki tips lainnnya silahkan berbagi di kolom komentar ya