Google I/O 2016: Asisten Pribadi dan Cara Baru Chatting

Di ajang Google I/O 2016, Google kembali memperlihatkan teknologi terbaru yang akan dirilis tahun ini. Kali ini, Google memberikan Google Assistant, Allo, dan Duo.

Sundar Pichai selaku CEO dari Google, membuka ajang Google I/O 2016 dengan memperkenalkan teknologi yang akan menjadi basis dari semua features di Androin N, yaitu Google Assistant. Sekilas teknologi ini mirip dengan Siri yang dikembangkan oleh Apple. Namun, berbeda dengan Siri, teknologi ini terintegrasi sepenuhnya dengan teknologi Google sebagai search engine, OS, sampai dengan feature messaging.

Bisa dibilang, Google Assistant adalah asisten pribadi Anda yang terkemas dalam bentuk smartphone. Dengan feature ini, Anda bisa mencari tahu apa saja dengan menggunakan suara Anda. Sebagai contoh, Sundar bertanya kepada Google Assistant, siapakah yang menyutradarai film The Revenant, dari sana Google kemudian memberikan jawabannya dan menampilkan halaman yang berisikan info seputar sang sutradara. Tidak berhenti sampai di situ, Sundar kemudian melanjutkan pertanyaan dengan award apa saja yang pernah dimenangkan oleh si sutradara. Dari sini Sundar memperlihatkan bahwa Google Assistant layaknya seperti asisten pribadi yang bisa kita andalkan untuk menjawab segala macam kebutuhan kita secara berkala, tanpa harus mengulang pertanyaan yang sama.

Setelah memperkenalkan teknologi yang menjadi basis teknologi tahun ini, Sundar kemudian memperkenalkan timnya untuk memperlihatkan feature baru lainnya dari Google, yaitu feature messaging. Yang pertama adalah Allo.

Allo, adalah apps chat messenger seperti apps chatting pada umumnya. Tampilannya tidak jauh berbeda, dan cara bekerjanya pun tidak jauh berbeda. Allo akan mengakses nomor telepon dan contacts Anda untuk menjadi identitas user, dan selanjutnya langsung bisa digunakan ala WhatsApp. Layaknya aplikasi chatting lainnya, Allo juga memiliki emoji dan sticker. Menurut Amit Fulay selaku Product Manager dari Group Communication Google, stiker pada Allo dibuat oleh banyak artis dengan harapan dapat memberikan banyak pilihan stiker yang unik. Saat mengirimkan foto, Anda juga dapat memberikan sentuhan corat-coret terlebih dahulu sebelum dikirim. Serta ada feature yang dinamakan WhisperShout, yang berupa slider untuk mengubah ukuran fonts tulisan yang akan dikirim.

Namun, Allo memiliki feature yang jauh lebih banyak lagi. Salah satunya adalah integrasinya dengan Google Assistant. Di mana, aplikasi chatting ini bisa menebak atau memprediksikan jawaban yang akan Anda kirim berdasarkan dari pengalaman saat menggunakan Allo ataupun berdasarkan dari data yang ditampilkan dari chatting sebelumnya. Misalnya, ada yang memberikan foto lulusan sekolah, Allo akan bisa mengenali foto tersebut sebagai foto Anda saat sekolah dulu, dan akan memberikan beberapa pilihan jawaban terkait hal tersebut. Hal ini bisa mengurangi pengetikan pada keyboard.

Selain itu, Anda bisa ‘ngobrol’ dengan Google melalui aplikasi ini. Seperti halnya aplikasi Chatbot, Anda bisa mengobrol tentang segala hal dengan Allo. Bahkan Anda juga bisa bermain tebak pengetahuan film dengan hanya menggunakan emoji. Karena Allo terintegrasi dengan semua data yang Anda bagi di Google, maka personafikasi-nya akan menjadi lebih akurat. Bahkan Allo juga bisa memberikan saran berdasarkan dari hobi ataupun makanan kesukaan Anda.

Jika itu semua terdengar menakutkan bagi privasi Anda, jangan khawatir karena Allo juga dipersenjatai oleh enkripsi yang digunakan oleh Whatsapp. Google juga meyakinkan kita bahwa semua data tersebut tidak akan dapat diambil oleh pihak ketiga ataupun disalahgunakan oleh Google.

Setelah Allo, Google juga memperkenalkan Duo. Aplikasi chatting video selayaknya Facetime pada iOS. Namun, yang membedakannya dengan produk video chat lainnya adalah kemampuannya untuk dapat melihat video si penelpon terlebih dahulu sebelum kita menerima panggilan.

Hebatnya lagi, Allo dan Duo akan rilis pada musim panas tahun ini (sekitar Juni atau Juli), dan dapat digunakan pada Android maupun iOS.

Sumber : http://chip.co.id/news/technology-special_report/16379/google_io_2016_asisten_pribadi_dan_cara_baru_chatting

Leave a Reply

Your email address will not be published.