Sudah menjadi informasi umum bahwa terdapat beberapa maskapai penerbangan yang menyediakan jasa hotspot Wi-Fi selama perjalanan, walau biasanya baru boleh diakses ketika pesawat telah lepas landas dan terbang dalam keadaan stabil. Tapi pengecualian untuk hotspot Wi-Fi di pesawat ini, yang menyebabkan kepanikan baik untuk para staf maupun penumpangnya.

Penerbangan Qantas QF481 terpaksa ditunda hingga lebih dari 2 jam di Australia karena salah seorang penumpang menemukan satu buah nama hotspot Wi-Fi yang aneh, cenderung mengerikan. Nama Wi-Fi tersebut adalah “Mobile Detonation Device”, yang spontan membuat para staf penerbangan langsung siaga, tetapi tidak ada yang tahu asal perangkat yang telah membuat hotspot dengan nama tersebut.

Kapten pesawat pun langsung mengumumkan pesan kepada para penumpangnya bahwa sampai perangkat tersebut ditemukan, pesawat tidak akan lepas landas. Sayangnya, tidak ada satupun penumpang yang mengetahui maupun memiliki perangkat hotspot dengan nama aneh tersebut, menurut salah satu penumpang yang tak mau disebutkan namanya ketika berbicara dengan Yahoo!7. Dikatakan pula bahwa hotspot aneh tersebut terhubung dengan sistem entertainment di dalam pesawat itu.

Setelah pemeriksaan lebih lanjut dan intensif, pesawat akhirnya terbang dan mendarat dengan selamat di tujuan. Dikatakan, tidak ada resiko keamanan di dalam pesawat tersebut ketika diperiksa lebih lanjut.

Terdengar berlebihan? Bukanlah hal yang aneh ketika kesiagaan dan pemeriksaan keamanan di dalam pesawat terbang akan lebih ketat, mengingat terdapat banyak penumpang dari beragam negara yang turut terbang di dalamnya. Resiko teroris dan sejenisnya membuat para staf harus gerak cepat untuk menanggulangi masalah keamanan bagi penumpangnya.

Sumber : http://www.jagatreview.com/2016/05/hotspot-wi-fi-aneh-penyebab-pesawat-batal-lepas-landas/

Leave a Reply

Your email address will not be published.