Ini Paling Sering Dicari Saat Ramadhan Menurut Google

Bulan Ramadhan kerap kali dijadikan ajan untuk mempererat hubungan dengan keluarga, teman, dan sahabat. Bahkan bulan suci bagi umat muslim ini juga menjadi ajang bagi para brand dapat menjalin hubungan lebih erat dengan konsumennya melalui sesuatu yang relevan.

Berdasarkan penulusuran Google Indonesia, selama bulan Ramadhan kosumen menggunakan internet untuk melihat di mana saja peluang bagi pemasar . Setidaknya ada empat temuanĀ  yang dirangkum Google Indonesia pada presentasinya dalam acara bertajuk “Ramadhan Indonesia: Wawasan dan Rekomendasi”. Sebagaimana dalam keterangan tertulis Google Indonesia Kamis (19/5/2016), berikut beberapa kategori yang sering dicari.

Pertama, bulan ramadhan selalu dimanfaatkan masyarakat untuk mengisi waktu luang untuk online. Tercatas sebanyak 81 persen pencarian terkait Ramadan dilakukan melalui perangkat seluler dan waktu tonton YouTube di perangkat seluler mencapai 13%.

Kedua, Ramadhan selalu dijadikan momen untuk memperbaiki diri. Dimana selama Ramadan, pencarian istilah terkait “perbaikan diri” mengalami lonjakan. Orang Indonesia ingin tampil dan merasa lebih baik serta tetap menjaga kesehatan, sehingga penelusuran resep, produk perawatan kulit, dan busana muslim mengalami peningkatan selama bulan Ramadan.

Ketiga Ramadhan merupakan momen yang tepat untuk berbelanja. Tahun lalu terdapat peningkatan volume pencarian pada lima kategori belanja: pakaian (meningkat 29%), travel(meningkat 30%), smartphone(meningkat 17%), telekomunikasi (meningkat 19%), dan barang elektronik (meningkat 24%). Sebab bagi sebagian besar orang, Ramadan berarti berbelanja.

Terakhir, Ramadhan juga merupakan waktu yang tepat untuk membangun merek. Pasalnya beberapa merek besar yang saat ini dibangun secara online dengan iklan video selama Ramadan.

Minat pada Ramadan sebenarnya telah dimulai jauh sebelum bulan Ramadan itu sendiri dan biasanya memuncak satu pekan sebelum Ramadan. Bagi para pemasar yang ingin tetap relevan selama Ramadhan mugkin bisa mempertimbangkan beberapa tren yang telah disebutkan.

Sumber : http://autotekno.sindonews.com/read/1109942/133/ini-paling-sering-dicari-saat-ramadhan-menurut-google-1463666402

Leave a Reply

Your email address will not be published.