Misteri yang menyelubungi siapakah pencipta Bitcoin akhirnya terkuak, Senin (2/5). Adalah pengusaha asal Australia Craig Wright yang mengidentifikasikan dirinya sebagai pencipta Bitcoin Satoshi Nakamoto. Pengakuan tersebut mengakhiri spekulasi selama bertahun-tahun mengenai siapa yang melontarkan ide mengenai mata uang digital tersebut.

Wright memberikan bukti-bukti teknis untuk mendukung klaimnya sebagai pencipta Bitcoin dengan menunjukkan kepemilikan Bitcoin yang hanya dimiliki oleh Satoshi Nakamoto.

Pengakuan yang dilakukan oleh Wright tersebut diberikan kepada tiga media saja, BBC, The Economist serta GQ.

Dalam pertemuan dengan BBC, Wright memberikan pesan yang telah ditandatangani secara digital menggunakan kunci kriptografi yang dibuat pada masa awal pengembangan Bitcoin. Kunci tersebut terkait dengan Bitcoin yang diketahui dibuat atau “ditambang” oleh Satoshi Nakamoto.

“Ini adalah blok (kriptografi) yang digunakan untuk mengirimkan 10 Bitcoin kepada Hal Finney pada Januari (2009) sebagai transaksi Bitcoin pertama,” kata Wright dalam demonstrasi yang ditunjukkannya.

Ahli kriptografi Hal Finney adalah salah satu insinyur yang membantu ide Wright mewujudkan protokol Bitcoin.

“Saya adalah bagian utama (dari Bitcoin), tapi orang lain juga membantu saya,” kata Wright.

Lebih lanjut Wright mengutarakan bahwa dia berencana merilis informasi yang membuat pihak lain memverifikasi dirinya secara kriptografi adalah Satoshi Nakamato.

Sumber : http://www.beritasatu.com/sains/363048-pencipta-bitcoin-akhirnya-buka-identitas-aslinya.html

Leave a Reply

Your email address will not be published.