Inilah Tanda dan Penyebab Laptop Kamu Menjadi Overheat

laptop overheat

Mastersewa.com – Seperti smartphone, ternyata laptop juga dapat overheat atau kelebihan panas. Dan jika keadaan tersebut tidak segera teratasi, dapat membuat laptop menjadi cepat rusak. Komponen laptop yang dapat rusak karena overheat seperti misalnya baterai, prosesor, dan motherboard. Tentunya kamu tidak ingin laptop kamu menjadi rusak bukan? untuk itu kamu harus mengenali tanda-tanda laptop overheat dan penyebab laptop dapat overheat atau panas yang melebihi batas wajar.

Tanda-Tanda Laptop Mengalami Overheatlaptop overheat

Saat Laptop kamu terasa panas sekali atau overheat, kamu dapat mendengar dengan jelas putaran kipas yang bekerja secara maksimal. Suara putaran tersebut dapat kamu dengar setiap saat laptop kamu mengalami overheat.

Tanda selanjutnya, yaitu menurunnya performa laptop. Laptop akan terasa lebih lambat atau lemot saat sudah panas sekali atau overheat. Hal tersebut disebabkan oleh CPU yang memangkas kinerja laptop sebagai langkah untuk mengurangi panas pada laptop. Jika sudah terlalu panas, laptop dapat mati sendiri tanpa sebab.

Penyebab Overheat pada Laptoplaptop overheat

Secara umum, penyebab overheat pada laptop dapat dijelaskan menjadi tiga sebab. Pertama, laptop memiliki ruang komponen yang lebih sempit dibandingkan dengan komputer desktop. Ruang sempit tersebut menjadikan panas yang dihasilkan tidak dapat terbuang dengan baik. Oleh karena itu, jangan gunakan laptop terlalu lama agar panas laptop dapat stabil dan tidak mengalami overheat.

Sebab kedua, kipas laptop mengalami gangguan atau bahkan rusak. Kipas laptop yang bermasalah dan tidak berputar dengan sempurna dapat mengakibatkan laptop menjadi overheat. Bahkan, jika kipas sudah rusak, tidak butuh waktu lama untuk laptop menjadi overheat dan jika dibiarkan laptop akan cepat rusak. Bahkan laptop gaming pun dapat overheat jika kipas laptop mengalami masalah.

Untuk sebab yang terakhir, adalah yang paling sering dilakukan oleh kebanyakan orang, yaitu menutup lubang ventilasi udara laptop. Sebagai contoh, menggunakan laptop di kasur atau di sofa membuat lubang pembuangan udara pada laptop menjadi tertutup. Hal tersebut menyebabkan panas pada laptop tidak terbuang dan laptop menjadi semakin panas atau overheat.

Itulah penjelasan singkat mengenai Tanda dan Penyebab Laptop Menjadi Overheat. jangan lupa share jika kamu rasa bermanfaat dan jika kamu ingin bertanya silahkan berkomentar dibawah. Terima kasih.