Tingkat Penggunaan Microsoft Edge Kembali Menurun

Tren penurunan jumlah pengguna dilaporkan kembali menimpa browser milik Microsoft yang disertakan di Windows 10, Microsoft Edge. Berdasarkan data dari Digital Analytics Program (DAP) yang dijalankan di situs milik pemerintah Amerika Serikat, tingkat penggunaan Microsoft Edge kembali menurun di bulan Maret – April 2016 ini. Bahkan, tingkat penggunaan di bulan April 2016 lalu mencapai titik terburuk sejak Windows 10 dirilis.    

DAP sendiri mencatat statistik dari sekitar 4000 situs di bawah 400 domain yang dimiliki pemerintah AS, dengan 10% – 15% pengunjung dari luar AS, dan sisanya dari AS. Berdasarkan pencatatan di bulan April 2016 lalu, Microsoft Edge hanya digunakan sekitar 22.1% dari total pengunjung situs-situs tersebut. Persentase tersebut menunjukkan penurunan yang cukup besar, 2.8%, bila dibandingkan bulan Febuari 2016 lalu.

Selain DAP, perusahaan lain yang mencatat data lalu lintas di Internet juga mengindikasikan Microsoft Edge masih belum berhasil menarik banyak pengguna, bahkan cenderung kehilangan pengguna. StarCounter dan Net Applications juga menyebutkan Microsoft Edge gagal berkembang dalam beberapa bulan terakhir ini. Hal itu membuat Microsoft harus mengakui ketertinggalan mereka dari Google di peperangan browser.

Microsoft Edge sendiri sebenarnya diharapkan penggunaannya mulai meningkat di bulan April – Mei 2016 ini. Hal itu disebabkan karena Microsoft mulai membuka dukungan ekstensi untuk browser tersebut. Hanya saja, peningkatan yang diharapkan ternyata tidak terjadi di April 2016 lalu. Belum diketahui apakah tingkat penggunaan di bulan Mei 2016 ini akan meningkat setelah dukungan ekstensi dibuka.

Sumber : http://www.jagatreview.com/2016/05/tingkat-penggunaan-microsoft-edge-kembali-menurun/

Leave a Reply

Your email address will not be published.