Tips Menghapus Toolbar Ask Pada Browser Komputer Anda

Tips Menghapus Toolbar Ask Pada Browser Komputer Anda – Secara umum hampir seluruh komputer atau PC Anda saat ini terinfeksi dengan adanya malware berupa toolbar Ask pada jendela browser Anda. Toolbar Ask yang dilengkapi dengan toolbar pencarian Ask merupakan salah satu malware yang terkenal jahat khususnya dalam hal pembajakan browser PC Anda.

Ask.com
Selain itu, malware ini juga berpotensi menghambat produktivitas yang mengarah pada trafik mesin pencarian (search engine). Toolbar Ask beserta toolbar pencarian (search) keberadaannya sering kali dibundel dengan installer perangkat lunak (software) lainnya termasuk yang berasal dari perusahaan besar seperti Oracle.

Mencegah Lebih Baik Daripada Mengobati

Toolbar Ask mungkin dapat menemukan caranya untuk membawa komputer Anda pada berbagai channel, namun Anda perlu waspada pada setiap tindakan ketika Anda melakukan install software-software yang Anda download secara gratis. Berbagai pencetus, penerbit atau istilah sejenisnya mengintegrasikan toolbar Ask ke dalam software installer ciptaan mereka demi keuntungan moneter. Dari kasus tersebut pengguna sering kali diserang oleh malware terutama pada mereka yang sering kali melakukan install software tanpa melihat secara rinci informasi yang berkaitan dengan perangkat lunak tersebut. Untuk meminimalisir timbulnya serangan tersebut, sebaiknya Anda harus bertindak lebih baik, lebih sigap dan bijak untuk memilih software apa saja yang memang Anda butuhkan untuk install.

Menghapus Toolbar Ask

Jika toolbar Ask pada browser Anda telah secara otomatis terinstall di dalamnya, Anda tak perlu resah dan khawatir mengenai hal tersebut. Berikut akan kami bagikan beberapa cara yang tepat untuk menyelesaikan masalah tersebut.

Langkah-langkah:

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah klik pada “Start”, lalu cari “Control Panel”, kemudian pilih “program & Features”.

Membuka Contol Panel
Selanjutnya akan muncul tampilan daftar program-program yang telah terinstall di dalam sistem komputer, laptop, atau PC Anda.

Program & Features Pada Control Panel
Menghapus Konten Ask Pada Browser Google Chrome

Walaupun kita berhasil menyingkirkan program Ask dari control panel komputer Anda, ekstensi dari file Ask tersebut masih tetap terpasang pada browser karena dibutuhkan pula untuk menghapusnya secara manual pada browser Anda. Jika Anda menggunakan browser berupa Google Chrome, Anda dapat menggunakan cara berikut ini:

Langkah awal yaitu Anda harus mencari pilihan “More”, lalu piih “Extensions”. Pilih seluruh ekstensi yang terrelasi atau berhubungan dengan Ask. Kemudian hapus ekstensi tersebut dengan memilih “Remove from Chrome”. Dengan melakukan langkah tersebut maka dapat dipastikan bahwa Ask.com dapat terhapus daro browser Chrome Anda, serta browser Anda tidak akan terganggu dengan pencarian apapun. Jika langkah tersebut masih kurang jelas, Anda dapat melihatnya pada gambar di bawah ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published.