10 Tips Ini Dapat Membantu Kamu Menghemat Baterai Smartphone

10 Tips Ini Dapat Membantu Kamu Menghemat Baterai Smartphone

Mastersewa.com | Eksistensi smartphone sekarang sudah memudahkan kamu untuk menjalani aktivitas sehari-hari. Seperti komunikasi dengan teman, yang dapat kamu lakukan dengan menggunakan aplikasi seperti WhatsApp atau LINE. Sekarang jika kamu tersesat di jalan, tidak perlu khawatir karena sudah ada aplikasi Google Maps, dan aplikasi tersebut akan menuntunmu ke tempat tujuan. Namun dibalik semua kemudahan yang ada di smartphone kamu, ada satu kendala yang dapat merepotkan kamu, yaitu baterai smartphone kamu yang cepat habis!

Dari zaman Handphone masih ada tombolnya, sampai sekarang yang sudah full touch screen, baterai yang digunakan tetap saja memakai tipe Li-ion. Para perusahaan pembuat smartphone memiliki alasan tersendiri mengenai hal itu, yaitu karena biaya produksi yang murah dan memiliki keamanan yang terjamin. Hal itu membuat para produsen enggan untuk beralih ke teknologi terbaru. Dan sering kali saat dibutuhkan, smartphone kamu malah mati karena kehabisan daya. Mungkin kamu juga sering dikomplain teman ataupun keluarga karena sulitnya menghubungi kamu, padahal waktu itu baterai smartphone kamu habis. Baterai memang menjadi kendala karena saat ini rata-rata kapasitas baterai handphone berada di kisaran 2000-3000 Mah, yang mana kapasitas tersebut tidak dapat menunjang / menemani kamu dalam melakukan aktivitas seharian penuh. Tapi jangan khawatir, 11 tips ini dapat membantu kamu untuk membuat daya baterai smartphone kamu menjadi lebih lama.

10 Tips Ini Dapat Membantu Kamu Menghemat Baterai Smartphone

1. Jika Cuaca Cerah, Turunkan Tingkat Kecerahan Layar Smartphone-mu

Selain memiliki efek yang buruk bagi mata kamu, Kecerahan tinggi yang ada di layar smartphone adalah salah satu penyebab mengapa daya baterai smartphone kamu cepat habis. Mulai saat ini kamu harus selalu mengatur tingkat kecerahan sesuai waktu dan tempat. Hal itu dapat membantu kamu untuk menghemat daya di smartphone kamu. Jika cahaya di sekitarmu terlampau terang, kamu dapat meredupkan kecerahan layar smartphonemu, dan juga sebaliknya. Namun jika kamu merasa malas untuk mengatur tingkat kecerahan layar handphone-mu, fitur auto-brightness dapat kamu aktifkan untuk mengatur tingkat kecerahan secara otomatis sesuai tempat dan kondisi.

10 Tips Ini Dapat Membantu Kamu Menghemat Baterai Smartphone

2. Nonaktifkan Fungsi Push Email dan Perbaharuan Email Untuk Menghemat Daya

Mengaktifkan fitur perbaharuan email yang otomatis masuk ke akun email membuat kamu menjadi tidak ketinggalan update informasi. Namun, tahukah kamu kalau hal itu juga membuat smartphone kamu menjadi lebih mudah kehabisan daya? terlebih lagi jika kamu memiliki beberapa akun email sekaligus di satu smartphone kamu.

Nah, untuk menghemat daya baterai smartphone, kamu harus mengganti settingan di email kamu. Ubahlah pengaturan perbaharuan email yang awalnya otomatis menjadi perbaharuan email tiap jam 1-2 pagi saja. Jika kamu masih belum mengerti cara mengganti pengaturan email di smartphone kamu, kamu juga bisa mengganti-nya dengan menggunakan laptop.

10 Tips Ini Dapat Membantu Kamu Menghemat Baterai Smartphone

3. Hentikan Kebiasaan Streaming Lagu, Lebih Baik Putar Playlist yang Sudah Tersedia di Memori Smartphone Kamu

Mendengarkan musik dengan menggunakan aplikasi streaming lagu memang menyenangkan. Selain Pilihan lagu yang sangat lengkap, kamu juga tidak perlu mendownload lagu agar bisa didengar, alhasil memori kamu jadi aman. Namun, menggunakan aplikasi streaming juga memiliki kekurangan, yaitu konsumsi daya baterai yang tinggi. Hal itu dikarenakan sistem streaming yang menggunakan koneksi internet sehingga jaringan seluler terus bekerja untuk menelusuri koneksi tersebut. Jadi, lebih baik mulai sekarang kamu mendengarkan lagu yang ada di memori kamu saja, selain dapat menghemat baterai, hal tersebut juga dapat menghemat kuota internet kamu.

10 Tips Ini Dapat Membantu Kamu Menghemat Baterai Smartphone

4. Jika Sinyal Lagi tidak Bagus, Lebih Baik Kamu Matikan Koneksi Internetmu

Saat koneksi internet di handphone menurun, maka handphonemu akan menggunakan tambahan daya untuk menelusuri koneksi tersebut. Terkadang kamu heran kok bisa daya lebih cepat habis saat sinyal lemah. Kamu gausah khawatir, cukup kamu matikan saja koneksi kamu saat terasa lemah. Hal itu dapat menghemat daya sehingga masa hidup smarthphone kamu menjadi lebih panjang. Jika memang saat itu kamu sangat membutuhkan koneksi internet, kamu bisa meminta hotspot temanmu atau pergi ke tempat yang menyediakan layanan hotspot gratis.

10 Tips Ini Dapat Membantu Kamu Menghemat Baterai Smartphone

5. Jika Koneksi Sedang Bagus, Tidak Perlu Memakai WiFi untuk menghemat Baterai

Sesekali kamu memang tidak perlu memakai WiFi untuk menjelajah internet. Jika koneksi data kamu sedang baik, dan sinyal wifi sedang buruk, lebih baik menggunakan data saja dan tidak perlu mengaktifkan keduanya karena hal tersebut malah membuat daya baterai smartphone kamu menjadi cepat habis.

10 Tips Ini Dapat Membantu Kamu Menghemat Baterai Smartphone

6. Metode yang Efisien Bukanlah Menonaktifkan Seluruh Aplikasi, Namun Nonaktifkan Aplikasi yang Paling Banyak Menyedot Daya Baterai Kamu.

Menonaktifkan Seluruh aplikasi yang ada di smartphone kamu, bukanlah langkah yang tepat untuk menghemat daya baterai kamu. Hal itu justru dapat mengganggu kinerja aplikasi lain. Untuk menghemat daya, Kamu hanya perlu melihat grafik dan pilih mana aplikasi yang paling menguras daya baterai handphone, dan setelah itu nonaktifkan aplikasi tersebut.

10 Tips Ini Dapat Membantu Kamu Menghemat Baterai Smartphone

7. Selain Untuk Privasi, Menonaktifkan Fitur GPS Juga Dapat Membuat Daya Baterai Kamu Menjadi Tahan lama

GPS atau pelacak lokasi memang seringkali digunakan untuk menemukan lokasi atau menentukan jarak dari lokasi ke tempat tujuan. Namun penggunaan fitur GPS juga dapat memakan daya lebih. Untuk itu, mulai sekarang kamu harus lebih bisa mengatur waktu yang tepat untuk mengaktifkan GPS, jika sedang tidak digunakan, sesegera mungkin kamu matikan fitur tersebut agar daya baterai kamu menjadi lebih tahan lama.

10 Tips Ini Dapat Membantu Kamu Menghemat Baterai Smartphone

8. Menonaktifkan Fitur Lokasi di Beberapa Aplikasi Tidak Senantiasa Membuat Baterai Kamu Lebih Hemat.

Patut dicatat juga, tidak semua fitur lokasi yang ada di aplikasi yang jika dimatikan membuat daya lebih hemat, ada juga yang malah tidak memiliki efek jika kamu mematikan nya. Lebih baik kamu melihat grafik daya yang ada di setting handphone kamu, dan pilih mana yang lebih menguras daya handphone kamu, dengan itu kamu bisa mempertimbangkan mana yang lebih baik dinonaktifkan.

10 Tips Ini Dapat Membantu Kamu Menghemat Baterai Smartphone

9. Nonaktifkan Aplikasi yang Kurang Penting

Kamu sering memakai sosial media? dan terkadang bermain game juga? seringkali kamu lupa mematikan aplikasi yang tidak digunakan dan kamu biarkan menumpuk begitu saja di notifikasi. Mulai sekarang ubahlah kebiasaan tersebut. selain membuat Handphone kamu menjadi lambat karena aplikasi yang bertumpuk, kebiasaan tersebut juga dapat membuat daya smartphone kamu menjadi lebih cepat habis. Oleh karena itu, mulai sekarang bersihkan notifikasi dari aplikasi-aplikasi yang tidak digunakan, agar daya baterai kamu menjadi lebih lama dan kamu tidak terganggu dengan banyak nya notifikasi yang muncul.

10 Tips Ini Dapat Membantu Kamu Menghemat Baterai Smartphone

10. Iklan Yang Tiba-Tiba Muncul yang Selain Mengganggu, Juga Dapat menghisap Daya Bateraimu

Iklan seringkali muncul ketika kita sedang asik browsing ataupun membuka aplikasi tertentu. Memang itu terlihat sepele, namun tahukah kamu jika hal tersebut juga dapat menghisap daya baterai handphone kamu. Mungkin kamu bisa memasang aplikasi browser seperti Uc Browser yang memiliki fitur Adblok yang dapat memblokir iklan-iklan yang sering muncul.

Nah, itulah beberapa tips yang dapat kamu terapkan untuk menghemat daya baterai handphone kamu. Kamu dapat memilih salah satu tips diatas untuk menghemat daya baterai handphone kamu. Jangan lupa Share jika menurut kamu tips ini bermanfaat. Terima kasih.